Kesalahan Yang Diakukan Saat Menyikat Gigi

Kesalahan Yang Diakukan Saat Menyikat Gigi

Salah satu hal pertama yang kita ajarkan kepada si kecil saat mereka mulai memahami cara merawat diri sendiri adalah pentingnya kebersihan mulut. Menyikat gigi menjadi ritual yang cepat mereka biasakan, dan terkadang dinanti-nantikan!

Tetapi jika Anda tidak menyadarinya, Anda bisa menanamkan kebiasaan menyikat gigi yang buruk pada anak-anak Anda saat mereka masih kecil, dan Anda sendiri mungkin melakukan hal yang sama!

Ada banyak kesalahan yang dilakukan orang dalam hal kebiasaan menyikat gigi yang benar. Periksa 10 kesalahan umum ini untuk memastikan Anda memberikan perawatan gigi yang mereka butuhkan dan bahwa Anda mengajar anak-anak Anda dengan cara yang benar!

Apakah Anda Bersalah dengan Kebiasaan Menyikat Gigi yang Buruk Ini?

1. Menggunakan bulu yang salah

Kebanyakan orang baik-baik saja dengan bulu lembut, tetapi salah satu pembelian paling populer adalah medianya. Jika Anda menggunakan bulu yang lebih keras, mereka dapat merusak enamel, akar, atau garis gusi di mulut Anda.

2. Tidak menyikat secara menyeluruh

Tidak menyikat secara menyeluruh

Apakah Anda memiliki rutinitas menyikat gigi yang Anda sukai saat merawat gigi? Mungkin lagu yang Anda nyanyikan atau aktivitas multitasking yang selalu Anda ulangi? Nah, pastikan apa pun yang Anda lakukan, itu selama dua menit yang solid

Kesalahan umum adalah berpikir 30 atau 60 detik sudah cukup untuk membersihkan mulut Anda secara menyeluruh. Dokter gigi merekomendasikan dua menit, dan ada banyak pengatur waktu yang dapat Anda gunakan untuk memastikan Anda menggosok sepanjang waktu.

3. Tidak cukup sering menyikat gigi

Secara teknis, dokter gigi menyarankan Anda menyikat gigi setiap habis makan. Gula dan bakteri dari makanan menempel di email Anda, yang bukan hal yang baik. Tapi minimal, Anda harus menyikat gigi dua kali sehari, biasanya di pagi hari untuk menghilangkan akumulasi bakteri di malam hari dan di malam hari untuk menghilangkan penumpukan di siang hari.

4. Menyikat ke arah yang salah

Menyikat ke arah yang salah

Pastikan Anda menyikat dengan gerakan melingkar untuk menghilangkan bakteri yang bersembunyi di bawah permukaan garis gusi Anda.

5. Mengabaikan tempat yang sama

Jika Anda selalu menyikat dengan rutinitas yang sama, Anda mungkin memberikan energi terbaik untuk menyikat ke tempat-tempat tertentu dan kemudian melewatkan yang lain. Cobalah menyikat dengan titik awal yang berbeda setiap kali.

6. Lupa menyikat lidah

Ya, lidahmu. Bakteri menumpuk di organ vital ini dan kemudian menyebar ke gigi Anda. Menjaga lidah Anda dibersihkan membantu mengurangi bau mulut dan membantu gigi Anda tetap sehat.

7. Hanya menyikat bagian luar gigi

Hanya menyikat bagian luar gigi

Saat Anda menyikat dengan gerakan melingkar, Anda melakukan pekerjaan yang baik untuk menangkap enamel luar. Tetapi bagian belakang gigi Anda juga penting. Pastikan Anda memegang sikat gigi dengan benar untuk menjangkau bagian belakang tersebut.

8. Menghindari menyikat gigi karena sakit

Sayangnya, jika gusi atau gigi Anda sakit, mungkin saat itulah mereka paling membutuhkan perawatan. Pastikan Anda menyikat dengan bulu yang lembut dan tidak mengabaikan kebiasaan penting ini, tetapi hubungi dokter gigi juga! Ada sesuatu yang terjadi di dalam mulut Anda dan itu perlu ditangani sebelum menjadi masalah serius.

9. Perawatan sikat gigi yang tidak tepat

Apakah Anda sakit baru-baru ini? Apakah Anda membaik? Nah dari studi kasus https://lizanneknott.com/ mengatakan  jika Anda tidak membersihkan sikat gigi dengan benar, Anda mungkin membawa kuman-kuman itu dan mendaur ulangnya kembali ke dalam tubuh Anda. Pastikan Anda membersihkan sikat gigi setelah setiap menyikat. Lebih baik lagi, ikuti tip profesional ini untuk mendisinfeksi sikat Anda sesering mungkin.

10. Menyimpan sikat gigi terlalu lama

Menyimpan sikat gigi terlalu lama

Anda hanya dapat membersihkan dan mendisinfeksi sikat gigi sebanyak itu. Akhirnya, bulu-bulu itu tidak akan berfungsi lagi. Bahkan jika bulunya bertahan, mereka telah mengumpulkan begitu banyak kuman sehingga Anda harus mendapatkan yang baru dan memulai dari awal. Pakar gigi merekomendasikan sikat gigi baru setiap tiga bulan, tetapi jika Anda sakit parah, dapatkan yang baru saat Anda sembuh untuk menghindari kuman itu lagi.